Pages

Senin, 27 Februari 2012

Tahun Kabisat (29 Februari)



Tahun 2012 memang penuh dengan kontrofersi, tahun dengan sio naga air ini selain diramalkan akan terjadi kiamat oleh suku maya ternyata 2012 adalah tahun kabisat.
Tentunya tahu donk tahun kabisat.
Tahun kabisat adalah tahun yang habis di bagi 4 atau jumlah hari dalam setahunnya bertambah satu hari yang biasanya 365 hari maka pada tahun kabisat menjadi 366 hari.
Nah, bulan apa yang bertambah satu hari,…
Tentu bulan februari seperti yang kita ketahui bersama.
Jadi bagi teman-teman yang lahir pada tangggal 29 februari  maka ia akan berulang tahun setiap 4 tahun sekali. *waduh kasian amat ya!! orang lain ultah setiap tahun, eh ini ultah kok setiap empat tahun sekali kayak olimpiade aza… hehehehehe…
Tahun kabisat berawal dari zaman Kekaisaran Romawi ribuan tahun lalu. Pada waktu itu pemimpin Romawi Julius Caesar gusar, sebab penanggalan yang berlaku malah membuat pusing kepala. Bulan Desember, misalnya kadang musim dingin, kadang tidak.

Kemudian, ia memerintahkan ahli perbintangan kerajaan, Sosigenes untuk membuat penanggalan baru yang bisa menunjukkan musim dengan tetap.

Sosigenes lalu menyampaikan perhitungn kalender satu tahun berdasarkan waktu yang diperlukan Bumi untuk satu kali mengitari Matahari. Dia mengatakan, lama Bumi mengitari Matahari adalah 365,25 hari. Namun, supaya mudah, digenapkan menjadi 365 hari. Kekurangannya akan digabung menjadi 1 hari setiap empat tahun sekali. Itulah tahun kabisat! Dan pada tahun 45 SM, sistem penanggalan itu resmi digunakan oleh semua wilayah jajahan Kekaisaran Romawi. *) wow  tahun 45SM, kira-kira dinosaurus masih ada g ya!!

Sebuah fakta mengatakan bahwa selain tahun yang habis dibagi empat ternyata tahun kabisat juga jatuh pada tahun abad yang angkanya bisa dibagi 400 seperti 1600 dan 2000. Tahun 1800 dan 1900 bukan tahun kabisat karena walaupun angkanya bisa dibagi 4 namun merupakan tahun abad yang tidak bisa dibagi 400.
Jadi kesimpuplannya tidak semua tahun yang habis dibagi empat itu adalah tahun kabisat.
Semoga bermanfaat ya!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar